• Inilah yang Dimaksud dengan Kalendering Pancang

    Kalendering test dalam proses pemancangan tiang pancang merupakan item wajib yang harus dilaksanakan dan menjadikan laporan untuk proyek. Sebelum dilaksanakan kalendering basanya juga dilakukan monitoring pemukulan saat pemancangan yaitu untuk mengetahui jumlah pukulan tiap meter dan total sebagai salah satu bentuk data yang dilampirkan beserta hitungan kalendering. Untuk itu sebelumnya tiang pancang yang akan dipancang diberikan skala terlebih dahulu tiap meternya menggunakan penanda misalnya cat semprot. Setiap meter selalu dihitung jumlah pukulannya. Selain kalendering tes juga dikenal pengujian yaitu PDA test.



    Apa itu kalendering? Secara umum kalendering digunakan pada pekerjaan pemancangan tiang pancang (beton maupun pipa baja) untuk mengetahui daya dukung tanah secara empiris melalui perhitungan yang dihasilkan oleh proses pemukulan alat pancang. Alat pancang disini bisa berupa diesel hammer maupun hydraulic hammer.

    Umumnya, Kalendering tes digunakan pada pekerjaan pemancangan tiang pancang baik itu beton maupun pipa baja, tes ini bertujuan untuk mengetahui daya dukung tanah secara empiris melalui perhitungan yang dihasilkan oleh proses pemukulan alat pancang. Alat pancang disini bisa berupa diesel hammer maupun hydraulic hammer.

    Biasanya bahan-bahan dan pelaksanaannya dilakukan oleh subkontraktor yang bertugas melakukan pemancangan. Pelaksanaanya dilakukan pada saat 10 pukulan terakhir yaitu saat saat hampir mendekati top pile yang disyaratkan dan pancang hampr tidak telihat penurunan yang signifikan. Syarat kalendering tes tercapai apabila penurunannya tidak lebih dari 2,5 cm pada 10 pukulan terakhir.

    Untuk pengerjaan Pancang percayakan kepada kami karyamandiribeton.com , spesialisasi jasa pancang dan penyewaan pancang untuk daerah Jawa Barat, Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Karawang, Cikampek, Bekasi.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar